Ads 720 x 90

Iniilah Cara Kerja dan Perawatan Power Steering

Cara Kerja dan Perawatan Power Steering -Power steering merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk meringankan memutar sistem kemudi kendaraan sehingga menghasilkan putaran kemudi yang ringan tanpa membutuhkan tenaga yang berarti untuk mengendalikan kemudi, terutama pada kecepatan rendah dan menyesuaikannya pada kecepatan menengah serta tinggi.

Keuntungan Mobil menggunakan power steering

  1. memberikan beberapa Mengurangi steering effort
  2. Kestabilan yang sangat tinggi selama pengemudian
  3. Mengurangi guncangan dari ketidak rataan permukaan jalan yang di salurkan pada steering wheel.

Cara kerja power steering

1. Posisi netral
Alirkan ke katup pengontrol ( control valve ). Bila katup pengontrol berada pada posisi netral, semua minyak akan mengalir melalui katup pengontrol ke saluran pembebas ( relief port )dan kembali ke pompa. Pada saat ini tidak terbentuk tekanan dan arena tekanan kedua sisi sama, torak tidak bergerak.
Cara Kerja dan Perawatan Power Steering

2. Pada saat membelok
Pada saat poros utama kemudi (steeringmain shaft) diputar ke salah satu arah, katup pengontrol juga akan bergerak menutup salah satu saluran minyak. Saluran yang lain akan terbuka dan akan terjadi perubahan volume aliran minyak dan akhirnya terbentuk tekanan. Pada kedua sisi torak akan terjadi perbedaan tekanan dan torak akan bergerak ke sisi yang bertekanan rendah sehingga minyak yang berada dalam ruangan tersebut akan dikembalikan ke pompa melalui katup pengontrol.

Cara perawatan power steering agar awet

  1. Bila kendaraan mau belok sebaiknya jalan atau gerak dulu baru belok.
  2. Jangan terlalu sering membelokkan steer sampai mentok/patah terlalu lama.
  3. Memilih minyak Power Steering yang original (jenis ATF).
  4. Memilih spare parts yang original bila diservice.
  5. Untuk hidrolik jenis rack steer, disarankan setiap mencuci kendaraan karet pelindung (boot steer) kanan dan kiri diperiksa, apakah lepas, robek atau terjadi kerusakan lainnya.
  6. Jika parkir kendaraan, hendaknya posisi roda bagian depan harus lurus.
  7. Gunakan jenis ban dengan tingkat gesekannya rendah
Demikian Artikel Cara Kerja dan Perawatan Power Steering semoga bisa bermannfaat dan memberikan wawasan untuk anda yang sedang belajar dunia otomotif. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter