Ads 720 x 90

Apakah Lampu Davy Itu?

Apakah Lampu Davy Itu?
Penemu lampu listrik memang Thomas A. Edison. Namun, sebelum Edison, ada seorang penemu yang juga melakukan eksperimen seperti Edison. Ilmuwan itu bernama Humphry Davy.  Ia adalah seorang ahli kimia asal Inggris yang lahir pada tangga 17 Desember tahun 1778.

Sejarah Lampu Davy
Pada tahun 1800, Humphry Davy melakukan beberapa eksperimen dengan menggunakan listrik. Davy membuat sebuah benda yang sekarang disebut baterai listrik. Eksperimen Davy adalah menghubungkan kawat-kawat ke ujung baterai dan mencantelkan sekeping karbon di setiap ujung kawat.ia menyentuhkan kedua keping karbon itu sama lain. Setelah itu ia memisahkannya sedikit saja. Davy kemudian melihat terbentuk cahaya merambat yang menghubungkan kedua kepingan.


Hal ini disebut busur cahaya listrik. Ini merupakan bukti pertama dari lampu listrik seperti yang ada sekarang ini. Kekeurangnnya hanya satu, yaitu kecilnya daya listrik yang dihasilkan. 

Para pekerja tambang di seluruh dunia telah menggunakan lampu tambang Davy yang aman digunakan untuk pertambangan ketika menuruni ceruk tambang yang gelap dan dalam untuk menggali batu bara atau mineral lainnya. KarenaTidak sembarang lampu bisa digunakan di area penambangan, karena gas berbahaya dan mudah terbakar bisa ditemui di kedalaman bumi. Bahaya kebakaran senantiasa mengintai.

Sampai saat ini, Sir Humphry Davy dikenang sebagai ilmuwan besar dan dermawan kemanusiaan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter